Ada Apa di Tahun Baru Cina?



Xin Nian Kuai Le!

Kata Xin yang berarti baru dan Nian yang berarti tahun. Kalimat dalam Bahasa Mandarin di atas sudah dapat diartikan "Selamat Tahun Baru". Kita mengenal beberapa tahun baru yang salah satunya adalah Tahun Baru Cina yang biasanya kita sebut IMLEK.

Tahun Baru Cina ini dirayakan seluruh komunitas Cina di seluruh dunia, bahkan sekarang ini tidak hanya komunitas Cina yang merayakannya, tetapi hampir semua komunitas dari ras dan golongan lain ikut memperingati semaraknya Tahun Baru Cina tersebut. 

Jatuhnya Tahun Baru Cina dilihat dari penanggalan kalender Lunar yaitu kalender yang digunakan di Cina atau lebih spesifik lagi digunakan oleh etnis kebangsaan Cina. 

Kalender Lunar ini berbeda dengan kalender yang kita gunakan yaitu dalam satu tahun hanya terdapat 354 hari, padahal dalam kalender yang biasanya kita gunakan, dalam satu tahun terdapat 365 hari 5 jam 48 menit dan 45.5 detik. 

Ini berarti kalender lunar lebih singkat 11.5 hari dari kalender yang kita gunakan. Ini berarti perayaan Tahun Baru Cina yang kita rayakan akan jatuh sekitar tanggal 21 Januari - 19 Pebruari. Setiap tahun ditandai dengan salah satu dari simbol binatang yang dianggap sebagai horoskop Cina. Simbol binatang ini dapat berupa tikus, macan, naga, kuda, monyet, ayam, babi, anjing, kambing, kerbau, ular atau kelinci.

Perayaan Tahun Baru Cina ini adalah festival terbesar dan terpanjang (biasanya selama 2 minggu) dari seluruh festival di Cina. Selama perayaan ini, seluruh daerah di Cina mendekorasi tempat-tempat di sekitarnya dengan lampion yang berwarna-warni, bunga atau bendera-bendera cerah bertuliskan ucapan selamat tahun baru. 

Selain itu, persiapan dalam menyambut tahun baru ini mereka awali dengan membersihkan rumah dengan menyapu rumah mereka yang artinya membuang segala ketidakberuntungan. Dalam tradisi Cina, mereka akan mengingatkan pada anak-anak mereka agar bertingkah laku dengan baik.

Malam sebelum Tahun Baru Cina, setiap keluarga akan mengadakan perjamuan untuk keluarga besar dengan makanan-makanan laut (seafood) dan berbagai macam jajanan. Setiap piring makan yang dihidangkan melambangkan keberuntungan.

Pada tengah malam, mereka berpesta kembang api yang diartikan untuk mendapat kemurahan dari Tuhan dan mengusir roh-roh jahat.

Pada hari pertama dalam Tahun Baru Cina, biasanya orang-orang menggunakan pakaian baru sebagai simbol meninggalkan ketidakberuntungan di tahun yang lama.

Mereka juga bertukar hadiah, yang dalam hadiahnya terdapat kue-kue yang terbuat dari tepung beras dan buah-buahan seperti, jeruk dan kum-quat. Orang-orang dewasa, khususnya yang sudah berkeluarga juga mengikuti tradisi dengan memberi hung-pao atau lay shee yang biasa kita sebut ang pao kepada anak-anak, orang yang belum menikah atau kepada pelayan.

Dalam festival tahun baru tersebut, yang paling meriah adalah festival naga dan singa yang kita sebut "Barongsai". Lebih dari 50 orang akan menari sambil mengarak naga dan singa tersebut di tengah kota. Mereka tampil dengan diiringi musik yang dihasilkan dari gong dan drum.

Perayaan Tahun Baru Cina diakhiri dengan festival teratai, suatu acara dengan menggantung teratai yang terbuat dari kertas dan terdapat lilin di dalamnya di depan toko-toko atau rumah mereka. Anak-anak membawa lampion di tangan mereka dan berjalan berkeliling kota.

Di Indonesia, Tahun Baru Cina juga dirayakan, khususnya oleh komunitas Cina. Pada saat-saat Tahun Baru Cina, dapat kita jumpai berbagai kemeriahan dekorasi yang bertaburkan warna merah di berbagai tempat seperti mal-mal, tempat rekreasi dan tempat-tempat lainnya. 

Yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak adalah mendapat ang-pao dari orangtua dan sanak saudara. Kemeriahan pesta Tahun Baru Cina ini disambut antusias oleh warga, semarak perayaan ini juga diikuti dengan menampilkan atraksi barongsai di kota-kota di Indonesia, bahkan ada tempat-tempat yang sengaja menarik perhatian pengunjung dengan mengadakan acara-acara seperti pesta kembang api.

Dalam semarak perayaan Tahun Baru Cina, perlu diingat bahwa tidak hanya dengan merayakannya atau mengikuti tradisi, tapi juga mengambil manfaat yang baik bagi kehidupan kita di tahun-tahun mendatang.

Bergantinya tahun menandakan semakin dewasanya kita untuk menatap hidup ini, untuk memiliki sikap dan sifat yang lebih baik, memiliki tujuan ke depan yang lebih terencana dan melakukan apa yang perlu dilakukan agar tujuan kita dapat tercapai dengan baik.

Semarak Tahun Baru Cina kali ini, kita harus lebih baik dalam segala hal. Gong Xi Fat Chai ... !!!


Komentar