Ayo Pulihkan Kesehatan Mentalmu!



World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Dunia, jatuh pada 10 Oktober, adalah sebuah event untuk pendidikan kesehatan mental jiwa global, kesadaran dan sokongan terhadap stigma sosial.

Event ini pertama kali dirayakan pada 1992 atas initiatif dari World Federation for Mental Health, sebuah organisasi kesehatan mental internasional yang anggotanya tersebar di lebih dari 150 negara.

Setiap tahunnya pada tanggal ini, dunia menyuarakan betapa pentingnya menjaga kesehatan mental dan jiwa. Namun ada banyak kesulitan yang ditemukan untuk menjaga kesehatan mental. Menyadur dari CNNIndonesia, apapun bisa menyebabkan kamu mengalami ketidakseimbangan jiwa. Asal masalahnya mudah saja: kurangnya pikiran positif.

Nah, untuk meningkatkan kesehatan mental kau, coba lakukan beberapa tips yang didapat dari beberapa sumber ini!

Coba cerita ke kerabat dekat tentang apa yang sedang kamu rasakan.

Ini penting untuk kesehatan mentalmu. Kalau kamu memendam semuanya sendiri, rasanya pasti seperti beban dan lama-kelamaan pun kamu menjadi tertekan...

Pilih orang yang kamu percaya untuk menumpahkan isi hati, entah itu sebuah masalah yang tengah dihadapi atau malah sebuah cerita bahagia. Kita ini makhluk sosial. Kita saling membutuhkan. Jangan merasa bisa menyelesaikan semuanya sendiri.

Untuk melakukan ini, kamu pun juga harus memiliki hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-temanmu. Keluarga dan teman bisa menjadi pembangkit semangatmu when you're feeling so low. Pelukan dan seulas senyum tulus dari mereka akan menjadi obat yang unbelievably works on you.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat juga! Bukan hanya membuatmu lebih sehat dan berenergi, asupan makanan yang sehat juga bisa mencegah penyakit mental.

Berilah tubuhmu beragam makanan yang mengandung nutrisi tinggi sehingga otak pun dapat berfungsi lebih baik. Ditambah lagi, bukankah kamu akan bahagia jika menyantap makanan yang tak cuma sehat, tapi juga lezat?

Alhasil, pikiran positif akan selalu bersarang di pikiranmu.

Kalau sudah makan, aktiflah bergerak!

Olahraga dan tubuh yang aktif bisa melepaskan hormon kimia yang terendap di otak. Ketika hormon ini lepas dari otak kamu, then you will all be happy.

It doesn't have to be pricey and at gym. Cukup jalan-jalan di depan rumah atau taman dekat rumah kalau ada.

Mungkin kamu orangnya "rumahan" banget, barely go out of home? Kerjakan saja tugas-tugas rumah; mengepel, menyapu, memasak, mencuci baju, mencuci piring, menjemur pakaian, anything that keeps you moving lah!

Ahli-ahli bilang, latihan aktif selama 30 menit setidaknya lima hari seminggu adalah jumlah yang tepat untuk menjaga kesehatan mental.

Atau salurkan saja hobimu! Kamu pasti punya hobi, kan?

The Union dari University of Portsmouth Students Union mengungkapkan, menyalurkan hobi bisa melepaskan stres. Melakukan apa yang kamu bisa dan kuasai tentu meningkatkan rasa percaya diri, setuju?

Setelah lelah beraktivitas, mari rehat sebentar saja!

Antara aktivitas dan istirahat harus seimbang. Jangan terlalu banyak istirahat, jangan telalu banyak beraktivitas.

Istirahat ini bisa berupa apa saja. Ajak main teman-teman, berkumpul sekadar buat ngobrol juga tak masalah, atau makan-makan di sebuah restoran. Hal ini bisa menyeimbangkan kesehatan jiwamu loh!

Mudah dan bisa dilakukan, kan?

Jangan ragu lagi! Ayo galakkan kesadaran akan kesehatan mental!

Komentar