Bersepeda selain Menyehatkan juga Bebas Polusi

Saat ini banyak sekali kalangan yang mengimbau penghijauan untuk penyelamatan bumi dari efek pemanasan global. Selain penanaman pohon, penghijauan bisa dilakukan dengan cara bijak dalam berkendara. Jika dilakukan secara benar, hal ini pun bisa menanggulangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM).


BIJAK yang dimaksud disini bukan berarti Anda harus mengandangkan kendaraan yang ada di rumah tanpa pernah memakainya lagi. Bijak dalam berkendara adalah Anda sebaiknya mengetahui waktu yang paling tepat untuk menggunakan kendaraan. 

        Sepeda adalah salah satu jenis kendaraan yang paling ramah lingkungan. Mulailah membiasakan diri menggunakan kendaraan roda dua ini untuk menjangkau beberapa daerah yang letaknya tidak terlalu jauh.

        Misalnya saja, saat berbelanja di pasar atau minimarket yang dekat dari rumah. Agar acara berbelanja lebih nyaman, Anda dapat melengkapi bagian depan sepeda dengan keranjang untuk membawa barang belanjaan. Selain menyehatkan tubuh, Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sekedar membeli bensin karena "bahan bakar"nya hanyalah seberapa kuat kaki Anda mengayuh.

        Selain ke pasar atau minimarket, sepeda juga bisa digunakan untuk mengantar jemput anak sekolah. Jika sudah cukup besar, anak bisa mengendarai sendiri sepedanya ke sekolah. Bahkan, tidak sedikit orang yang menggunakan sepeda sebagai kendaraan menuju kantor.

        Jika letak kantor lumayan jauh, ada juga sepeda listrik yang bentuknya seperti motor. Dengan sepeda jenis ini, Anda seolah mengendarai motor, hanya saja "bahan bakar"nya menggunakan listrik. Jika tenaganya habis, saatnya Anda melakukan pengisian ulang seperti halnya telepon seluler. Selain pengisian ulang, sepeda jenis ini biasanya dilengkapi dengan tuas agar bisa dikayuh layaknya sepeda konvensional. Selain lebih menyehatkan, kendaraan ini irit bahan bakar dan tidak menimbulkan polusi udara.



Komentar