Liburan ke Bali

Keajaiban Bali tak lekang oleh zaman. Pantai menjadi tujuan utama para wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata ini. Selain itu, seni yang hidup dalam masyarakat Bali menjadi daya pikat luar biasa, begitu juga dengan tradisi hidup mereka.

       Berkunjung ke Bali rasanya tak lengkap jika tak menjejakkan kaki ke Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar yang  terkenal dengan pertunjukan tarian khas Bali dan kegiatan kreativitas para pematung Bali dalam mengolah batu padas.

         Mulai dari tari barongan, tari kecak, hingga tari legong selalu jadi pertunjukan yang menarik di Batubulan. Tak ketinggalan, aksi para seniman batu padas di Kabupaten Gianyar yang unjuk kebolehan memahat batu menjadi sebuah karya patung berseni tinggi. Patung yang dibuat penduduk Desa Batubulan dipercaya memiliki kekuatan magis untuk menjaga rumah dari bahaya, bahkan dianggap dapat melancarkan rezeki penghuni rumah.

         Desa ini juga menjadi sentra barang antik, seperti tekstil, ukiran kayu, dan kerajinan seni. Candi yang terkenal karena ukirannya di Batubulan adalah Pura Puseh. Pura Puseh berdiri megah di sisi utara Desa Batubulan yang terlihat indah dan artistik. Pura ini merupakan salah satu pura tertua yang ada di Bali yang dibangun pada 944 Saka atau 1022 Masehi. 

         Untuk pengunjung yang gemar akan pertunjukan kesenian terutama tarian, di area pura ini dibuat panggung pertunjukan sebagai tempat pementasan Tari Gambuh. Desa Batubulan juga dikenal sebagai desa seniman yang menciptakan tari kecak hingga populer sampai saat ini. Nama Desa Batubulan berasal dari temuan sebuah "batu" yang bercahaya seperti "bulan" sehingga desa ini dinamakan "Batubulan".

        Selain desa wisata Batubulan, Bali terkenal dengan Desa Celuk (desa pusat kerajinan perak dan emas), Desa Ubud (desa pusat kebudayaan Bali), Desa Tampak Siring, pemandangan indah di Kintamani dan Gunung Batur, berbelanja oleh-oleh khas Bali di Pasar Sukowati, dan Tanah Lot Bedugul.

        Nah, menjelang liburan ini, membawa Anda ke Bali tampaknya dapat menjadi alternatif yang santai. pilih rekan perjalanan yang dapat membuat liburan Anda tambah santai.



Komentar