Apa itu Aplikasi Between?

       Cemas foto-foto Anda bersama pasangan di Facebook atau Twitter dilihat oleh orangtua atau bos Anda? Kini ada aplikasi privat yang dirancang khusus untuk para pasangan yang tengah dimabuk cinta: Between.


        Aplikasi yang tersedia untuk iPhone maupun Android ini menawarkan privasi bagi pasangan yang ingin bertukar foto, pesan, tanggal-tanggal penting, jadwal, dan pesan suara pendek lewat ponsel pintar.

        "Facebook dan Twitter mungkin bagus dalam menghubungkan orang-orang dalam berbagai cara, tapi ada sejumlah orang yang menginginkan akses yang lebih tertutup dan pribadi," ujar Park Jae-Uk dari VCNC, perusahaan Korea Selatan yang mengembangkan aplikasi yang menyabet Best App of the Year ini.

        Between hanya bisa dipakai oleh dua orang dan menggunakan password khusus. Koneksi terhadap layanan ini dimulai setelah dua pihak memasukkan nomor ponsel pasangannya. Jika hubungan cinta tak berlanjut, salah satu pihak bisa memutuskan layanan ini, dan seluruh data akan dihapus.

        Namun, mengingat dinamika dalam hubungan percintaan, saat ini para insinyur di VCNC berencana mengembangkan sistem yang bisa mem-back up data sampai satu bulan setelah putus hubungan, kalau-kalau pasangan tersebut rujuk kembali dan ingin membuka lagi akun mereka.

        "Saya memiliki banyak foto bersama kekasih saya dan butuh ruang eksklusif untuk foto-foto ini lewat telepon," ujar Hong Jee-Won, wanita Korea Selatan berusia 23 tahun.

        Pengguna lain, Jun So-Min, berkata bahwa Facebook "terlalu publik dan terbuka, sehingga untuk menyimpan konten pribadi seperti foto-foto dan pesan, saya lebih nyaman menggunakan Between."

        Saat ini, aplikasi tersebut membidik para pengguna di Asia yang memiliki budaya lebih tertutup untuk urusan percintaan. Sebanyak 79 persen pengguna Between adalah pasangan yang belum menikah dan 96 persen berusia 20-an sampai pertengahan 30 tahun.
        "Between adalah cara untuk merepresentasikan komitmen yang dibuat oleh pasangan, karena itu kami jarang melihat remaja menggunakan aplikasi ini.... hubungan antar remaja biasanya tidak bertahan cukup lama untuk memetik manfaat dari sini," ujar Park.



Komentar