Berapa Kandungan Nutrisi dari Martabak Manis?


Di Surabaya, martabak manis lebih dikenal dengan sebutan "Terang Bulan". Banyak yang menganggap bahwa martabak manis berasal dari Bandung. Padahal, makanan satu ini pertama kali dibuat oleh penduduk Bangka suku Hakka atau yang disebut dengan Khek. Kalau kamu membeli martabak manis di Bangka, para warga masih menyebutnya dengan Hok Lo Pan, yang artinya Kue Orang Suku Hok Lo. Ternyata, orang suku Hakka dan Hok Lo memiliki relasi yang dekat. Karena banyak anggapan bahwa Hakka dan Hok Lo adalah suku yang sama, maka terjadilah salah paham.

Setelah martabak manis mulai populer di Bangka, konon ada seorang anak yang merantau ke Semarang dan berjualan martabak manis di sebelah penjual Mi Bandung. Mungkin supaya mudah diingat dan cepat laku, akhirnya anak tersebut menamakan martabak manisnya sebagai Martabak Bandung.

Hingga kini, martabak manis masih menjadi salah satu makanan ringan favorit yang dikonsumsi orang Indonesia. Mulai dari topping premium semacam green tea hingga yang klasik berisi keju dan cokelat bisa dengan mudah kamu temukan di Surabaya. Sekali makan, rasanya susah untuk berhenti. Hati-hati, sebaiknya kamu cari tahu dulu kandungan nutrisi martabak manis di bawah ini.


Kalori Setara dengan 1,5 Porsi Ayam

Umumnya, adonan utama martabak manis terdiri dari tepung terigu, telur, ragi, baking soda, gula, dan air. Bisa dibayangkan betapa tingginya tingkat karbohidrat dan lemak yang terkandung di dalamnya, kan? Seperti dilansir dari Femina, satu potong martabak manis bisa mengandung 347 kkal atau setara dengan 1,5 porsi ayam yang dimasak dengan saus Sichuan. Artinya, kalau kamu makan dua potong martabak manis, artinya sama saja kamu sudah melahap satu porsi makan lengkap.

Kabar baiknya, martabak manis merupakan makanan yang rendah garam. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa bebas melahap martabak manis sesuka hati. Pilihan topping yang kamu pilih juga berpengaruh dalam total kalori yang dikandung martabak manis. Semakin banyak dan “berat” topping yang dipilih, tentu semakin tinggi kalori yang bakal masuk ke tubuh kamu.


Kandungan Nutrisi Lengkap

Lalu, apakah martabak manis tetap aman dikonsumsi? Tentu saja iya. Tetapi tidak ada salahnya melihat rincian kandungan nutrisi pada martabak manis di bawah ini, seperti yang dilaporkan oleh situs organisasi.org. Mereka melakukan riset terhadap 75 gram martabak manis.

- Jumlah kandungan energi martabak manis : 199 kkal
- Jumlah kandungan protein martabak manis : 3,5 gram
- Jumlah kandungan lemak martabak manis : 4,1 gram
- Jumlah kandungan karbohidrat martabak manis : 37 gram
- Jumlah kandungan kalsium martabak manis : 0,02 mg
- Jumlah kandungan fosfor martabak manis : 0 mg
- Jumlah kandungan zat besi martabak manis : 1,4 mg
- Jumlah kandungan vitamin A martabak manis : 121 IU
- Jumlah kandungan vitamin B1 martabak manis : 0 mg
- Jumlah kandungan vitamin C martabak manis : 0 mg

Martabak manis memang merupakan makanan yang lezat banget, tetapi memakannya dalam jumlah berlebih juga tidak bagus untuk tubuh kamu. Jadi, sebaiknya, kamu ajak saja teman-teman atau keluarga kamu untuk ramai-ramai makan martabak manis. Selain lebih seru, kalori yang masuk ke tubuh kamu pun bisa diminimalisir.


Komentar