Cara Merawat Layar Sentuh Pada Smartphone


Cara Terbaik Merawat Layar Sentuh Pada Smartphone


Di era modern yang semakin maju ini banyak sekali vendor elektronik yang membuat produk untuk memanjakan kehidupan manusia. Salah satunya ponsel, sekarang pun sudah banyak beredar ponsel dengan jenis touch screen (Layar sentuh) yang disebut smartphone. Hampir semua orang di dunia ini yang sudah memilikinya.

Namun, masih banyak juga yang belum tau bagaimana cara merawat layar sentuh smartphone yang baik dan benar. Berikut kami berikan info tentang bagaimana cara merawat layar sentuh pada smartphone agar awet.

Cara Terbaik Merawat Layar Sentuh Pada Smartphone

Hindari Sinar Matahari Langsung

Kontak langsung sinar matahari dengan smartphone dapat mengakibatkan kerusakan pada layar smartphone serta dapat menurunkan kualitas layar LCD nya. Pada layar smartphone terdapat komponen tipis seperti gel yang dapat rusak jika terkena sinar matahari secara langsung. Saya sarankan untuk menggunakan smartphone Anda pada tempat yang teduh.

Matikan Layar Jika Tidak Digunakan

Alangkah baiknya jika Anda mematikan layar smartphone Anda jika tidak menggunakannya. Karena dapat menyebabkan berkurangnya intensitas komponen emisi cahaya dan kualitas warna. Selain itu juga dapat menghemat daya baterai.

Jangan Menekan Layar Dengan Keras

Ini sering terjadi ketika sedang main game. Terlalu asik main game sampai lupa kalau itu hanya layar sentuh. Layar smartphone sangat sensitif apabila sentuhan Anda tidak ada respon itu biasanya buka karna Anda kurang keras menekan namun karena memang belum direspon atau crash.

Jangan Menggunakan Kuku Ketika Menekan Layar

Lebih baik potong kuku Anda sebelum memakai layar sentuh. Karena hal tersebut dapat merusak layar. Memang tidak secara langsung tapi sedikit demi sedikit merusak layar Anda.

Rutinlah Membersihkan Layar Smartphone

Gunakan tisue atau jenis kain yang lembut untuk membersihkan layar smartphone Anda. membersihkan secara teratur akan membuat layar sentuh Anda lebih awet dan juga dapat menghilangkan debu, minyak yang menempel pada layar sentuh smartphone Anda.

Gunakan Pelindung Layar

Hal ini adalah yang paling wajib karena sangat membantu Anda memperpanjang umur smartphone Anda. Selain menjaga dari goresan kuku dan menghindarkan debu menempel pada layar, pelindung ini juga untuk jaga-jaga jika terjatuh. Setidaknya akan meminimalkan kerusakan. Pelindung layar dapat Anda beli di toko ketika Anda membeli Smartphone.

Jauhkan Dari Magnet

Apabila smartphone Anda berdekatan dengan magnet, hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada smartphone dan juga dapat menurunkan sensitivitas pada layar. Maka dari itu jauhkan smartphone Anda dari benda yang mengandung magnet. Biasanya magnet dapat kita jumpai dibenda-benda elektronik.

Pakai Pelindung Smartphone

Pelindung ini bisa berupa casing atau flip aksesori yang dapat mencegah gesekan pada smartphone dan layar, terutama ketika memasukan ke dalam kantong celana. Pelindung ini juga dapat meminimalisir kerusakan apabila smartphone Anda terjatuh.

Jauhkan Dari Benda Tajam Dan Suhu Yang Ekstrim

Benda tajam seperti cutter, pisau, gunting dan lain-lain dapat merusak smartphone Anda dan suhu yang begitu ekstrim seperti suhu yang sangat panas maupun dingin bisa menyebabkan kerusakan fatal pada smartphone Anda.

Jauhkan Dari Air

Memang ada sebagian smartphone yang dapat digunakan dalam air. Namun hampir semua smartphone tidak boleh terkena air. Smartphone sangat rentan terhadap air, pada dasarnya barang elektronik mengandung listrik dan pastinya akan konslet apabila terkena air. Maka dari itu jauhkan smartphone Anda dari air.

Demikian info dari saya tentang tips menjaga layar sentuh smartphone.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Komentar