Persiapan Sebelum Bekerja

Banyak orang mengatakan, "Bersenang-senanglah semasa kuliah, selagi belum mencecap dunia kerja." Banyak yang setuju, tetapi sebagian besar juga tidak sependapat. Alasannya, justru kuliah adalah masa-masa penting untuk mengenal dunia kerja nantinya.

       Berangkat dari kebutuhan itu, maka terciptalah proses kerja magang. Istilah lainnya adalah belajar kerja. Jika Anda berniat mencicipi proses ini, satu hal yang perlu diingat adalah jangan berharap mendapatkan gaji penuh atau hak-hak seperti karyawan lain.

       Namun, ada manfaat besar yang didapat, yaitu memperbanyak akses dan memperkaya wawasan. Pengalaman pun bertambah, terlebih untuk mengasah kedisiplinan dan pembagian waktu yang baik.

       Nah, agar proses magang "tepat sasaran", cobalah lakukan enam tips berikut ini.

1. Lakukan analisis terhadap diri sendiri, cari tahu pekerjaan yang paling cocok dengan minat    dan pengaturan waktu kerja yang paling sesuai dengan kesibukan Anda.

2. Dalam mencari peluang magang, Anda perlu merencanakan strategi. Tangkap kesempatan bekerja magang dari berbagai penjuru. Cari informasi dari koran, kerabat, teman, dan aktif menelepon beberapa perusahaan untuk bertanya.

3. Percayalah pada kemampuan yang dimiliki sesuai kebutuhan perusahaan. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menunjukkan hal tersebut, semisal mengontrak perusahaan yang dibidik di pagi hari. Hal itu menunjukkan kesan bahwa Anda tak punya masalah dengan bangun pagi. Contoh lain, tambah pengetahuan sesuai industri perusahaan yang Anda tuju. Seperti jika berniat magang di industri rekaman musik, perbanyak pengetahuan tentang musik saat ini.

4. Siapkan surat lamaran lengkap. Mintakan juga surat referensi dari fakultas. Lalu, belajarlah membuat surat lamaran yang mudah dibaca dan rapi.

5. Jika Anda diwawancara oleh perusahaan, cobalah untuk bernegosiasi tentang hal-hal yang mungkin bisa jadi masalah di kemudian hari, misalnya jam kerja. Bicarakan kemungkinan yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti ada ujian di kampus atau harus mendaftar ulang di semester baru.

6. Jangan takut untuk ditolak. Jika Anda ditolak, tidak perlu berkecil hati dan minder. Mencoba mencari peluang baru adalah cara jitu untuk menyiasatinya.

Komentar