Munum Kopi Sebelum Olahraga Memberikan Dorongan Energi



Menyeruput kopi panas di pagi hari telah menjadi kebiasaan sebagian orang agar pikiran lebih segar dan badan pun lebih bersemangat menjalani aktivitas. Tapi kegunaan kopi tidak hanya itu. Dibandingkan sports drink atau minuman berenergi, kopi dapat pula meningkatkan stamina ketika berolahraga.

Ketika ditanya, apakah substansi performa otak paling populer? Kafein!

Tak heran jika kopi merupakan pilihan favorit jutaan manusia untuk membangunkan fungsi otak mereka, baik di pagi hari maupun senja, kala kewaspadaan perlu dijaga.

Selain performa kognitif, kafein juga diyakini bisa meningkatkan performa fisik. Namun, selama ini para atlet dan pelatih percaya bahwa untuk memetik manfaat maksimal, sang atlet justru harus menghindari kafein berhari-hari atau berminggu-minggu sebelum kompetisi.

Kini, studi terbaru dalam Journal of Applied Physiology menegaskan sebaliknya: seseorang bisa minum kopi kapan saja sebelum olahraga dan tetap mendapat dorongan energi. Jika diminum satu jam sebelum olahraga, misalnya, kita bisa berlari, bersepeda, dan berenang lebih cepat.

Kok, bisa? Kafein memudahkan otot tubuh membakar lemak. Ia juga meningkatkan kewaspadaan, yang membuat beban olahraga terasa lebih ringan. (Kafein sendiri tidak dilarang dalam olahraga, kecuali dalam dosis sangat tinggi.)

Masalahnya, kafein juga membuat kita merasa kecanduan. Ini pula alasan para atlet diminta mengurangi kopi atau segala sesuatu yang mengandung kafein seminggu sebelum kompetisi. Tujuannya: mencegah kecanduan dan meningkatkan manfaat kafein di hari pertandingan.

Namun, Bruno Gualano, profesor fisiologi dan nutrisi di University of Sao Paulo, Brazil, yakin bahwa para atlet bisa mendapat manfaat dari kafein dengan mengonsumsinya sebelum bertanding, tanpa harus "puasa" kopi atau kafein dulu beberapa hari sebelumnya.

Untuk menguji teorinya, Gualano merekrut 40 atlet sepeda yang diminta menjalani serangkaian tes kesehatan dan performa, serta melaporkan rutinitas asupan kafein mereka. Ternyata, hampir semua pesepeda mengayuh lebih keras dan lebih cepat setelah mengonsumsi kafein sebelum sesi olahraga.

Gualano menyarankan, jika Anda ingin memanfaatkan kafein untuk meningkatkan performa fisik, mulailah dari dosis kecil. Cobalah satu cangkir kopi yang diminum satu jam sebelum olahraga.


Komentar