Anda Kecanduan Kerja?

      Komitmen kuat terhadap pekerjaan bukanlah hal buruk. Namun, jika komitmen tersebut malah membuat Anda tidak bisa bersosialisasi dan di kepala hanya ada pikiran, kerja, kerja, dan kerja, itu sudah melewati batas. Ingat, hidup Anda tidak hanya kerja, masih ada kehidupan sosial yang harus diperhatikan.

Jika Anda bekerja terlalu keras, depresi dapat menyerang. Terkadang, Anda sendiri tidak tahu kalau sudah kecanduan bekerja karena pola hidup sudah terbentuk dan Anda menjadi biasa. Berikut ini adalah beberapa tanda kalau Anda sudah kecanduan kerja.

      Apakah Anda orang yang selalu datang pertama dan terakhir pulang dibandingkan rekan sejawat? Atau, bahkan Anda sering melebihi jam kerja office boy yang dibagi menjadi dua shift? Tentu jika dilakukan sesekali tak akan menjadi masalah, contohnya saat mendekati tenggat waktu - walaupun itu bisa diantisipasi. Aturlah waktu sehingga tak perlu lembur setiap deadline.

     Tanda kedua, setiap saat yang Anda obrolkan hanya pekerjaan atau di setiap saat yang Anda pikirkan hanya pekerjaan. Apalagi kalau Anda selalu menunggu hari Senin dengan alasan ingin segera merampungkan pekerjaan. Hati-hati, Anda sudah terobsesi dengan pekerjaan. Terikat dengan pekerjaan tidak sama dengan dedikasi. Ambillah istirahat, pergilah berolahraga, main musik, nonton film, atau makan malam bersama teman.

     Janganlah selalu membicarakan pekerjaan dengan teman kerja atau istri atau orangtua Anda. Sesekali, lakukan pembicaraan yang lain. Cobalah alihkan pikiran tentang pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan cara membaca buku atau melakukan hobi Anda yang sempat ditinggalkan.

     Semua orang pasti setuju pekerjaan dan karier itu penting. Namun, hal itu mulai terasa berlebihan jika Anda mengorbankan kesehatan atau waktu bersama keluarga demi pekerjaan. Ini menandakan hidup Anda sudah mulai terganggu. Apalagi kalau Anda selalu merasa tidak pernah cukup. Beberapa penelitian pernah mengatakan, orang yang gila kerja rentan terserang serangan jantung dan diabetes tipe 2. Jadi, aturlah cara bekerja Anda.


Komentar