Resep Panjang Umur Shigeaki Hinohara


Usianya sudah lebih dari 100 tahun. Dokter yang juga kepala rumah sakit di Tokyo itu masih segar. Ia masih bekerja dan aktif menjadi pembicara. Ia juga penulis buku yang produktif. Sejak ulang tahunnya yang ke 75 ia terus menulis buku hingga melahirkan sekitar 150 buku.
Apa rahasia panjang umurnya dan tetap aktif? Shigeaki Hinohara, yang lahir di Jepang 4 Oktober 1911, mengemukakan rahasianya:

1. Merasa baik itu penting
Jika dibandingkan dengan makan dan tidur yang cukup, hal yang paling penting justru adalah merasa baik. “Jika kita bisa menghidupkan spirit di dalam diri, kita akan merasakan energi di dalam diri kita.”

2. Menjaga berat badan
Makan jangan berlebihan dan makanlah makanan yang sehat. “Jangan membebani perut Anda (dengan makan berlebihan) karena itu akan membuat lesu dan ngantuk,” katanya.

3. Memiliki rencana ke depan
Untuk mempertahankan kekuatan pikiran dan jiwa, kita harus konsisten melakukan kegiatan positif, kreatif, dan menyenangkan. “Semakin banyak Anda melihat ke depan, Anda akan makin bersemangat dan tertarik,” katanya.

4. Nikmati apa yang dikerjakan
Orang yang hidup dan mencintai setiap momen yang dijalani akan mendapatkan energi yang tak tertandingi. Hal ini akan membuat kita terus terisi energi setiap saat.

5. Raihlah dan bagikan apa yang telah dipelajari
Orang belajar di mana saja, tetapi jarang ada orang yang mau membagikan apa yang dipelajarinya pada banyak orang. “Maka cari cara untuk berbagi pengetahuan dan wisdom dengan sesama mengenai apa yang telah Anda peroleh. Itu akan memperkaya hidup Anda.”

6. Beri kesempatan pada alam
Setiap penyakit memiliki obat. Namun sains kadang menghadapi keterbatasan di mana kita tak menemukan obat yang pas. Cobalah berpaling ke alam dan keindahan. Mungkin memelihara taman, membesarkan hewan piaraan, mendengar suara-suara burung. Ini menjadi obat yang tak pernah diresepkan oleh dokter. “Nikmati seni, musik, dan keindahan alam, karena kita juga adalah bagian dari itu,” katanya.

7. Naik tangga
Otot akan tetap sehat selama tetap digunakan. Karena itu gunakan setiap ada kesempatan. Jangan lewatkan untuk naik tangga ketimbang naik lift atau eskalator.

8. Gunakan uang seperlunya
Tak sepenuhnya uang bisa membeli segalanya. Karena itu gunakan uang seperlunya. “Uang memang penting, tetapi lebih penting lagi kepuasan,” katanya.

9. Mengharapkan kejadian tak terduga
Hidup itu tidak bisa diprediksi, sehingga hal-hal di luar dugaan akan selalu terjadi. Kadang menyenangkan kadang sebaliknya. Manusia diciptakan untuk dapat berkembang, tidak hanya bertahan hidup. “Manfaatkan setiap situasi, karena selalu ada hal yang bisa dipelajari dari setiap pengalaman,” katanya.

10.Cari role model
Buat target Anda menjadi orang yang lebih dari rata-rata. Cari sebanyak mungkin role model (contoh orang sukses) yang bisa menginspirasi agar Anda bisa melakukan yang terbaik. “Perhatikan tantangan Anda dan gunakan perspektif mereka untuk mengambil kesempatan itu. Hal ini akan membebaskan potensi terbaik Anda bahkan yang tidak Anda ketahui,” katanya.


Komentar