Mengapa Lalat Sulit Ditepuk

     Ada peribahasa "sekali tepuk dua lalat," tapi pernahkah Anda melakukannya? Nyatanya, menepuk satu lalat saja bukan hal mudah. Serangga yang satu ini begitu ahli menghindari tepukan dengan melakukan manuver yang sangat gesit.

     Studi terbaru yang dimuat di jurnal  Science mengungkap rahasia lalat bisa bergerak secepat kilat. Dalam studi tersebut, tim ilmuwan dari University of Washington mengamati 100 ekor lalat buah (drosophila hydei) yang difoto dengan tiga kamera kecepatan tinggi, masing-masing bisa mengambil 7.500 gambar per detik. Mereka juga memanfaatkan simulasi robot lalat yang dicelupkan ke dalam minyak mineral untuk lebih memahami gerakan serangga itu.

     Menurut penelitian tersebut, ketika menghadapi bahaya selagi terbang, lalat tidak hanya bisa berotasi dalam sumbu vertikal seperti pesawat, tetapi juga melakukan serangkaian manuver tegak miring yang memungkinkan mereka mengubah arah dengan cepat.

     Para peneliti juga mendapati bahwa gerakan meloloskan diri yang dilakukan lalat buah - yang beberapa kali melakukan rotasi 90 derajat atau lebih, membuat mereka terbang nyaris terbalik - sangatlah terkendali dan spesifik.

     "Lalat ternyata mirip helikopter mini," ungkap Michael Dickinson, ahli biologi di University of Washington.
"Mereka melakukan manuver-manuver penerbangan seperti berguling dan menukik mundur dengan sangat cepat sehingga bisa mengubah arah terbang dengan mendadak."

     Untuk melakukan ini, lalat hanya perlu melakukan sedikit perubahan daya aerodinamika pada kepak sayap. Namun, perubahan tersebut harus sangat akurat. Jika tidak, lalat bisa berputar lepas kendali.

     Manuver itu juga dilakukan dalam kecepatan tinggi, jauh lebih cepat dari kedipan mata. Tepatnya: kurang dari 1/100 detik.

     Menurut Graham Taylor, profesor matematika biologi di Oxford University, Inggris, yang tidak terlibat dalam studi ini, penelitian tersebut menunjukkan bahwa anatomi lalat memang dirancang untuk bereaksi cepat terhadap bahaya.
Pantas saja menepuk lalat begitu sulit!

Komentar