Memperluas Jejaring Bisnis

        Sedang mencari cara unik memperluas jejaring bisnis? Mungkin Anda bisa menyontek apa yang dilakukan para wanita wirausaha di New York City.

        Dalam sebuah festival wirausaha yang diadakan oleh Interactive Telecommunications Program di New York University, sekitar 280 wanita dari segala usia dan profesi berkumpul di satu ruangan. Mereka duduk, saling berkenalan, menceritakan bisnis mereka, dan bertukar kartu nama sebelum pembawa acara mengingatkan mereka untuk segera bergeser ke meja lain. Dengan demikian, mereka bisa mengenal banyak orang dalam waktu singkat.

        Cara ini terinspirasi oleh fenomena speed dating alias kencan kilat yang menjadi tren satu dekade lalu. Speed dating adalah cara seseorang menemukan kekasih dengan bertemu banyak orang dalam satu waktu dengan harapan menemukan pasangan kencan yang potensial.

        Aturannya mudah saja, kata Nancy Hechinger, anggota ITP dan salah satu penggagas acara ini: Anda hanya punya waktu tiga menit untuk memperkenalkan diri, bisnis Anda, dan passion Anda dalam sebuah "kekacauan yang terkendali".

        Hasilnya adalah ruangan yang riuh-rendah dengan suara obrolan. Ada yang berbincang dengan antusias, ada yang menahan menguap karena bosan dengan lawan bicaranya, dan ada juga yang tertawa terbahak-bahak.

        Bagi Denise Courter, yang meninggalkan kariernya di Wall Street untuk mendirikan situs anak-anak di www.FiDiFamilies.com, ajang unik ini adalah peluang untuk bertemu "wanita-wanita inspirasional."

        "Saya sering mengunjungi berbagai konferensi, dan menurut saya acara-acara itu sangat terpusat pada pria. Sebaliknya, ajang ini berfokus pada wanita, dan ini sangat seru karena kami bisa saling membantu untuk mendaki tangga kesuksesan," ujarnya.

       Menurut Rosemarie Gambetta - agen real estate dan pemilik blog www.cheapeatsinc.com, cara ini menjadi latihan yang bagus untuk bertemu dengan orang baru. "Wanita tidak terbiasa 'menjual' diri mereka sendiri karena tidak ingin dianggap terlalu agresif atau ambisius," tegasnya.

Komentar