Coba Cek Perangkat Makan Anda

       Coba cek perangkat makan yang Anda miliki saat ini. Jika ternyata mereka didominasi warna merah, mungkin Anda perlu menggantinya.

       Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Oxford menegaskan bahwa warna piring, mangkuk, gelas, maupun sendok-garpu yang Anda pakai berkaitan erat dengan jumlah dan kenikmatan yang Anda santap.

       Dalam studi yang dilaporkan di dalam jurnal Flavour tersebut, tim peneliti menggunakan perangkat makan dengan warna, bentuk, dan berat yang berbeda-beda untuk mengukur dampak dari anggapan partisipan mengenai rasa dari makanan yang sama. Tentu saja, lusinan partisipan yang ikut dalam studi ini memiliki penglihatan normal.

       Salah satu temuan penting mereka adalah bahwa perangkat makan warna merah cenderung membatasi asupan makanan. "Warna merah bisa digunakan untuk menyajikan makanan kepada orang yang ingin mengurangi asupan makanan mereka, tapi jelas tidak boleh digunakan untuk mereka yang kekurangan berat badan," tulis tim tersebut. Karena itu, mereka mengkritik sejumlah rumah sakit di Inggris yang memakai nampan merah untuk pasien mereka.

       Di antara sejumlah temuan lain, para peneliti ini juga mendapati bahwa makanan yang disantap dari pisau terasa lebih asin daripada makanan yang disantap dengan sendok, garpu atau tusuk gigi.

       Sebelumnya, para peneliti di Polytechnic University of Valencia dan University of Oxford berkata bahwa sekelompok partisipan telah menilai bahwa minuman cokelat panas terasa lebih enak ketika disajikan dalam cangkir warna oranye atau krem ketimbang dalam cangkir putih atau merah.

       Hasil penelitian seperti ini bisa dibuktikan dalam peran iklan dan pengemasan makanan, atau asosiasi pribadi individu dengan warna tertentu.

       "Bagaimana kita merasakan makanan merupakan pengalaman multisensori yang melibatkan rasa makanan di dalam mulut, aroma, dan tampilannya di mata kita," kata para peneliti.

      "Bahkan sebelum kita memasukkan makanan ke dalam mulut, otak kita sudah membuat penilaian mengenai makanan tersebut, yang lantas mempengaruhi seluruh pengalaman bersantap kita."
      


Komentar