Apakah Bermain di Kantor Memberikan Manfaat?

Bekerja kalau dibuat grafik bisa seperti pelana kuda. Kadang bersemangat, kadang melorot. Saat karyawan mengalami kejenuhan, mereka cenderung akan mencoba menghibur diri, semisal bermain-main di meja kerja.


       BAGI sebagian perusahaan , bermain-main di meja kerja adalah tabu. Karyawan yang manusia itu  tetap akan dianggap tidak serius dalam bekerja. Bahkan ada yang tak segan memberi hukuman. Namun, tak sedikit pula perusahaan yang memperlakukan karyawannya dengan "unik", yang justru mengharuskan pekerjanya untuk bermain tatkala mereka disapu jenuh. Bekerja di perusahaan seperti ini tentu relatif lebih menyenangkan.

      Sebenarnya, apakah bermain di kantor memberikan manfaat ketimbang mudarat? Jawabannya, ya. Kesimpulan ini bukan sekedar dari hasil pengamatan, melainkan melibatkan penelitian mendalam.

      Memberi kesempatan bermain saat jam kerja akan membuat karyawan lebih loyal pada perusahaan atau atasan. Mereka akan merasa nyaman saat bekerja. Tatkala karyawan dimintai tanggung jawab atas kewajibannya, mereka cenderung lebih bergembira melakukannya.

       The Huffingtonpost melaporkan, karyawan yang diberi kesempatan bermain di kantor juga menunjukkan peningkatan produktivitas. Laporan itu merilis hasil penelitian pendiri The National Institute for Play, Stuart Brown. Riset itu mengungkapkan, bagaimana kebiasaan bermain dapat membentuk pikiran, menciptakan kompetensi, dan menstabilkan emosi.

      Lebih sering Anda bermain, kata Brown, rasa percaya yang terbentuk dalam diri karyawan semakin kuat. Kepercayaan menjadi dasar dari hidup sehat karena di dalamnya terdapat intimasi, perhatian, kreativitas, sosialisasi yang sehat, dan lainnya. "Tak ada yang lebih mencerahkan pikiran selain bermain," ujarnya.

       Ia lantas memaparkan sejumlah manfaat bermain di kantor. Contohnya, membuat otak tetap berfungsi baik meski stres melanda. Bisa juga menyegarkan pikiran dan tubuh. Dapat pula mendorong kerja sama tim lebih solid. Bermain membantu karyawan melihat masalah dari perspektif berbeda. Tak ketinggalan memicu kreativitas dan inovasi. Yang juga penting, meningkatkan energi dan mencegah kelelahan.

      Brown juga menyimpulkan, manfaat bermain secara umum, antara lain terhubung dengan orang lain dan memperkuat rasa kebersamaan. Di samping itu, menjauhkan diri dari perasaan kesepian, terisolasi, cemas, dan depresi. Jadi, sudah berani bermain di kantor?


Komentar