Nomor Punggung Abadi

Berapa nomor punggung sepak bola favorit Anda? Apakah 10, 9 atau 7? Masing-masing tentu punya nomor favorit sendiri. Namun, di beberapa klub dan negara, ada nomor-nomor punggung yang dimuseumkan. Berikut adalah beberapa di antaranya.      Diego Armando Maradona, nomor 10 Napoli (Italia)  

    Maradona adalah "dewa" bagi Napoli. Berkat kehadirannya, Napoli yang belum pernah merasakan gelar juara serie A, langsung juara sebanyak dua kali, yaitu 1986/1987 dan l989/l990.    

    Tak hanya itu, beberapa gelar lain juga diraih Napoli bersama Maradona, salah satunya adalah Piala Italia. Sebagai wujud penghargaan rakyat Napoli, mereka membuat patung Maradona di tengah kota dan nomor punggung 10 dinobatkan hanya untuk dirinya.      Franco Baresi, nomor 6 AC Milan (Italia)   

     Siapa pemilik nomor punggung 6 sekarang di AC Milan? Jawabannya jelas tak ada karena nomor ini resmi dipensiunkan untuk Franco Baresi. Pesepak Bola kelahiran 8 Mei 1960 ini merupakan salah satu legenda AC Milan (Italia). Dia berposisi sebagai bek dan menghabiskan seluruh karier sepak bolanya bersama AC Milan sebanyak 629 pertandingan dan mencetak 31 gol.     

    Beberapa prestasi yang Baresi torehkan bersama AC Milan antara lain juara serie A Italia, Liga Champions, dan Intercontinental Cup. Pada usia 37 tahun, Baresi memutuskan untuk gantung sepatu. Setelah itu, AC Milan memensiunkan nomor punggung 6 sebagai penghormatan kepada jasanya.

      Marc-Vivien Foe, nomor 23 Manchester City (Inggris)      Marc Vivien Foe adalah gelandang tim nasional Kamerun kelahiran 1 Mei 1975 yang sempat berkarier di Manchester City. Di Timnas Kamerun, Foe memegang caps 64 pertandingan dengan catatan 8 gol. Pada 26 Juni 2003, Foe ikut serta dalam skuad Kamerun yang berkompetisi di ajang Piala Konfederasi FIFA di Perancis.  

    Saat menghadapi Kolombia di semifinal, pada menit ke-72, Foe tiba-tiba pingsan di tengah lapangan. Dia ditarik keluar dan sempat mendapatkan perawatan selama 45 menit, sayang nyawanya tak tertolong. 

     Manchester City kemudian menyampaikan bahwa mereka memuseumkan nomor punggung 23 yang pernah dipakai Foe di Manchester City sebagai bentuk penghargaan. Padahal, saat itu Foe hanya berstatus sebagai pemain pinjaman di Manchester City.

Komentar