6 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dengan Hasil Permanen

Beberapa cara meluruskan rambut secara alami sebenarnya dapat menjadi salah satu pilihan alternatif saat ingin memiliki rambut yang lurus. Bagi setiap wanita, memiliki rambut lurus memang dianggap dapat membuat tampilan lebih anggun dan elegan. Maka dari itulah tak heran jika mereka terkadang rela mengeluarkan kocek lebih dalam melakukan perawatan rambut.

Sebut saja salah satunya seperti meluruskan rambut. Dan di era modern seperti sekarang ini, meluruskan rambut memang dapat dilakukan menggunakan berbagai macam cara yang berbeda-beda. Mulai dari smoothing, rebonding, hingga berbagai macam cara meluruskan rambut lainnya dengan bantuan kosmetik rambut khusus dan peralatan modern.

Akan tetapi meluruskan rambut dengan cara tersebut biasanya diketahui akan menimbulkan efek samping negatif bagi rambut. Beberapa diantaranya seperti rambut menjadi kering, bercabang, mengembang, rontok, hingga terlihat kusam. Alih-alih mempercantik rambut, justru dengan kondisi rambut tersebut penampilan akan menjadi tidak maksimal.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Untuk itulah bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut ada baiknya mencoba beberapa cara alami saat akan meluruskan rambut. Cara alami lebih aman karena menggunakan beragam bahan alami yang tidak memiliki senyawa kimia. Lalu bagaimana caranya? Inilah beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang dapat dicoba.

1. Menggunakan Yoghurt dan Telur

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu 1 butir telur ayam kampung dan 5 sendok makan yoghurt plain/ tanpa rasa. Pisahkan kuning dan putih telur lalu ambil bagian putihnya dan campurkan dengan yoghurt, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan pada seluruh permukaan rambut sambil ditarik perlahan, diamkan selama 30 menit, kemudian keramaslah hingga bersih.

2. Menggunakan Pisang dan Pepaya

Untuk membuat ramuan alami ini maka sediakan terlebih dahulu buah pisang dan pepaya matang serta madu alami. Haluskan pisang dan juga pepaya hingga menjadi seperti krim dan campurkan beberapa sendok madu, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan secara merata pada seluruh permukaan rambut dan luruskan secara perlahan, diamkan selama 30 menit lalu bilas dan bersihkan dengan cara keramas.

3. Menggunakan Susu dan Telur

Siapkan terlebih dahulu 1 butir telur ayam kampung dan dua cangkir susu putih tanpa pemanis. Pisahkan putih dan kuning telur lalu ambil bagian putihnya saja, kemudian campurkan dengan susu yang telah disiapkan tadi dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, oleskan pada seluruh permukaan rambut secara merata dan tutuplah rambut dengan shower cup selama 15 menit. Sebaiknya cara ini dilakukan saat setelah keramas dan sebelum menggunakan kondisioner.

4. Menggunakan Susu dan Madu

Siapkan 1 gelas susu cair putih tanpa pemanis dan 3 sendok makan madu alami asli, campurkan kedua bahan dan aduk hingga semuanya tercampur rata. Jika ada stroberi, campurkan dengan beberapa buah stroberi yang telah dihaluskan. Setelah itu, oleskan masker pada seluruh permukaan rambut luar dan dalam serta luruskan rambut. Biarkan selama kurang lebih 2 jam lalu bilas dan bersihkan dengan cara keramas.

5. Menggunakan Telur dan Tepung Beras

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu putih telur dari 1 butir telur ayam kampung dan lima sendok makan tepung beras. 
Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga berubah menjadi seperti pasta, oleskan secara merata pada seluruh permukaan rambut luar dan dalam lalu luruskan posisi rambut. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dan bersihkan dengan cara keramas.

6. Menggunakan Santan dan Jeruk Nipis

Untuk membuat masker rambut ini maka siapkan terlebih dahulu santan kelapa kental dan juga air sari jeruk nipis. Campurkan santan dengan beberapa sendok teh air perasan jeruk nipis dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Oleskan masker tersebut secara merata pada seluruh permukaan rambut dan cobalah untuk meluruskan rambut dengan cara menarik secara lembut dan perlahan. Diamkan hingga masker mengering lalu bersihkan dengan cara keramas.

Beberapa cara meluruskan rambut secara alami tadi memang tidak akan memberikan hasil yang instan dan cepat. Jika ingin hasil yang permanen, maka rajinlah melakukan beberapa cara alami tersebut secara rutin teratur. Karena untuk dapat tampil cantik tentu tidak harus selalu mahal bukan? 
Semoga membantu dan bermanfaat untuk Anda semua, khususnya para wanita.



Komentar